Kamis, 07 Desember 2017

Trading binary option dengan Bearish Engulfing

Trading binary option dengan Bearish Engulfing


Satu sinyal reversal yang menjadi favorit trader adalah candlestick dengan pola bearish engulfing. Di bawah ini akan diuraikan mengenai cara trading dengan candlestick berpola earish engulfing dan beberapa hal yang mesti diperhatikan. Secara sederhana standar dari candlestick berpola bearish engulfing adalah suatu candlestick yang dibuka (open) pada atau di atas  dari penutupan (close) candlestick sebelumnya dan ditutup (close) di bawah open dari candle (yang sama) sebelumnya.
Perhatikan gambar di bawah ini, yang menunjukkan badan candlestick berpola bearish engulfing telah menutupi badan candlestick (bullish) sebelumnya.

Catatan: Sebagian trader memperhatikan pola bearish engulfing dengan menghitung total range (high to low) dari candlestick bearish yang juga menutup total range dari candlestick (bullish) sebelumnya. Sebagian trader tidak mempertimbangkannya dan hanya terfokus pada badan candlestick saja.
Di bawah ini kami akan mengulas dan mempertimbangkan candlestick berpola bearish engulfing. Ketika dibandingkan dengan candlestick bullish sebelumnya, perbedaan hanya berdasarkan pada open dan closing saja. Tidak mengacu pada total panjang badan candlestick (range/rentang high dan low).
Kendati jarang terjadi, tetapi harga yang meloncat (gap) sebelum turun tajam (seperti terlihat pada candlestick bearish engulfing di atas untuk kategori non-forex bearish engulfing), namun dianggap valid untuk acuan trading.
Contoh di bawah mengindikasikan candlestick yang mengalami gap-naik lantas ditutup menurun, lalu diikuti oleh candlestick berpola bearish engulfing, maka menjadi sangat efektif dan valid untuk sinyal reversal.
Pola tersebut di atas jelas merupakan sinyal reversal yang kuat. Seperti pola bearish engulfing yang tepat hanya muncul setelah kenaikan pergerakan harga (yang ditandai dengan higher higs yang bersinambung. Untuk memfilter tingkat validitas dari formasi bearish engulfing, beberapa hal yang mesti diperhatikan sebagai berikut:
Konfirmasi Penutupan
Filter pertama adalah konfirmasi close/penutupan. Hal ini sangat perlu diperhatikan karena bisa menjadi rujukan untuk masuk posisi.
Konfirmasi close adalah cara sederhana sebagai petunjuk bahwa tren akan berbalik. Hal tersebut terjadi, dalam kasus pola bearish engulfing, ketika candlestick kedua  ditutup di bawah badan candlestick dari candlestick pertama (lihat gambar kiri-atas).
Perhatikan : Kondisi tersebut valid karena badan candlestick pertama yang lebih rendah saat tren naik seringkali menjadi sebuah sinyal akan datangnya fase ritres atau reversal—terlepas dari apakah pola gerak harga terlibat atau tidak.
Sebagaimana anda amati (gambar kanan-atas) pola engulfing menjadi candlestick konfirmasi tersendiri. Pada kasus shooting star (bearish pinbar), kita mesti menunggu untuk konfirmasi turun sebab (candlestick shooting star tersebut) tidak ditutup dibawah badan candlestick sebelumnya.
Ukuran Relatif dari Candlestick Berpola Bearish Engulfing
Ukuran dari candlestick berpola bearish engulfing, dibandingkan dengan ukuran dari candlestick yang muncul sebelumnya, juga sangat penting.
Pada dasarnya, candlestick yang lebih besar lebih signifikan, maka pola gerak harga yang dibentuk oleh candlestick yang lebih besar juga lebih signifikan (sebagaimana terlihat pada gambar atas-kiri).Bahkan jika kita melihat adanya candlestick berpola bearish engulfing lebih besar dari 20 candlestick sebelumnya, pola tersebut akan menjadi lebih signifikan juga.
Maka jika Anda menemukan candlestick berpola bearish engulfing yang terlalu kecil, mesti hati-hati dan boleh diabaikan karena kurang valid sebagai sinyal untuk entri posisi (sebagaimana terlihat pada gambar atas-kanan).
Entri
Di bawah akan dikenalkan cara trading dengan menggunakan candlestick berpola bearish engulfing. Terdapat beberapa teknik yang bisa Anda gunakan, tetapi kami merekomendasikan beberapa entri standar sebagaimana diuraikan di bawah ini.
Entri Standar
Entri standar yang pertama secara sederhana adalah menempatkan order sell pada saat open candlestick berikutnya (sebagaimana pada gambar di bawah-kiri).
Entri standar berikutnya adalah menempatkan sell stop order 1 pip di bawah  level low dari candle berpola bearish engulfing (lihat gambar atas-kanan), sehingga mendapatkan entri yang akurat dan tidak menyita waktu Anda terpaku di depan komputer.
Entri 50%
Jika entri standar yang telah dijelaskan di atas  menghasilkan rasio rugi-untung yang memilukan, maka untuk mengurangi resiko, skenario dengan sistem entri pada titik tengah (50%) dari candlestick berpola bearish engulfing, mesti dipertimbangkan.
Kenapa? Karena bila candlestick berpola bearish engulfing nampak lebih besar dari candlestick sebelumnya  atau candlestick sebelumnya berpola shooting star dengan bayangan yang panjang dari biasanya, akan berdampak pada resiko stop loss yang besar pula, dan konsekuensi logisnya akan menciptakan rasio rugi-laba yang jelek.
Bonus: Teknik Kombinasi
Untuk mendapatkan analisa yang lebih akurat, kita bisa mengkombinasikan teknik trading dengan candlestick berpola bearish engulfing bersamaan dengan petunjuk lainnya seperti akan diuraikan di bawah ini.
Level-Level Resisten
Sebagai sinyal bearish reversal, maka ketika kita trading dengan candlestick berpola bearish engulfing akan sangat menguntungkan dengan tingkat akurasi analisa yang tepat jika tidak mengabaikan level-level resisten yang penting.
Gambar di bawah menjelaskan bagaimana garis merah putus-putus menyiratkan zona resisten hasil dari penarikan garis dari kiri grafik.
Untuk membantu zona resisten, kita menarik garis dari candlestick yang mempunyai level tertinggi sebelah kiri grafik (dengan hanya menarik garis dari badan candlestick tersebut –sebagaimana gambar di kiri-atas).
Dan entri dilakukan setelah candlestick berpola bearish engulfing muncul (gambar kanan-atas), setelah candlestick sebelumnya—kendati berbadan bullish—tetapi tidak sanggup menjalin higher high baru.
Maka aplikasi untuk entri posisi bisa menggunakan tiga cara yang telah diulas sebelumnya, tergantung pada pengelolaan resiko dan juga karakter trading Anda. Bisa dengan cara menunggu open candlestick berikutnya atau menempatkan order sell stop  beberapa pip di bawah level low dari candlestick berpola bearish engulfing.
Bearish Divergence
Satu kombinasi untuk meraih hasil yang optimal adalah dengan menggunakan pola bearish divergence antara candlestick berpola bearish engulfing dan MACD.
MACD divergence terjadi selama tren harga naik dan membuat pola higher highs (level high yang terus lebih tinggi) sementara garis atau histogram MACD (gambar di bawah) membentuk level high yang kian menurun (lower highs).
Gagasan bahwa level high yang terus menurun dari garis dan histogram MACD, bisa menjadi indikator dini bahwa momentum naik mulai surut dan kemungkinan besar terjadi proses reversal (pembalikan). Ketika dikombinasikan dengan sinyal kuat bearish reversal, seperti candlestick berpola bearish engulfing, maka kemungkinan besar suatu  proses reversal bahkan lebih baik terjadi.
Dalam teknik divergensi sepert contoh di atas, divergence benar-benar merupakan sinyal kunci. Candlestick berpola bearish engulfing, atau pola candlestick bearish lainnya, hanya digunakan untuk membidik target entri kita.
Strategi trading dengan divergensi (divergence) selain menerapkan MACD divergence, juga bisa diaplikasikan dengan beragam pola gerak harga (price ation patterns). Dan pada faktanya, sebagai filter tambahan, banyak trader yang menggemari divergensi biasanya menunggu divergensi terjadi untuk terjadi pada banyak indikator sebelum memasuki aksi transaksi.
Kesimpulan
Secara sederhana  candlestick berpola bearish engulfing adalah suatu candlestick yang dibuka (open) pada atau di atas dari penutupan (close) candlestick sebelumnya dan ditutup (close) di bawah open dari candlestick (yang sama) sebelumnya.
Candlestick berpola bearish engulfing akan lebih valid jika kondisi harga sedang naik, lalu muncul satu candlestick berpola bearish engulfing, yaitu formasi candlestick yang  menutup turun sekujur badan candlestick sebelumnya yang berpola bullish.
Strategi trading dengan menggunakan candlestick berpola bearish engulfing antara lain: sell pada pada saat open candlestick berikutnya, pasang order limit sell stop 1 pip di bawah candlestick berpola bearish engulfing, lalu memasang limit sell pada titik 50% dari panjang candlestick berpola bearish engulfing.
Ketiga teknik di atas hanya mengacu pada candlestick berpola bearish engulfing sendirian, sebagai indikasi sinyal pembalikan menurun. Untuk meningkatkan akurasi strategi trading candlestick berpola bearish engulfing, bisa juga dikombinasikan dengan pola divergensi, antara lain dengan indikator MACD, juga bisa dengan indikator lainnya, semisal stochastick, RSI dsb, sesuai dengan selera masing-masing trader.
Reaksi:

1 komentar:

  1. Terimakasih utk ilmunya mas broo.. semoga tetap sehat dan selalu berkarya..

    BalasHapus